Portal-Islam.com — Calon gubernur (cagub) DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, siap ‘memikul’ janji politik petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang diucapkan lima tahun silam, saat mengikuti pilkada 2012.

Pernyataan tersebut disampaikannya, merespons jawaban Ahok dalam debat kandidat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, (Jumat 13/1), maupun kebijakan yang dilakukannya terkait penataan kota.

Untuk diketahui, ketika mengikuti Pilkada DKI 2012, Ahok sempat berjanji tidak akan melakukan penggusuran dalam menata ibukota. Bahkan, komitmen tersebut dituang dalam kontra politik bersama warga Jakarta.

“Lima tahun lalu ada janji akan dibangun kampung deret di pinggir-pinggir sungai. Dimana janji itu? Dimana kontrak politik itu?” ucap Anies, beberapa saat lalu.

“Saya datang ke tempat sama, ini kontrak politik itu. kami katakan, ‘Kami akan laksanakan itu’,” tegas mantan mendikbud ini.

Anies berkeyakinan, janji tersebut bisa dilaksanakannya. Sebab, penataan kota tanpa penggusuran paksa telah berhasil dilakukan di beberapa daerah. Yogyakarta dan Malang misalnya, dimana pemda setempat bisa bermusyarah dan berdialog dengan warga yang tinggal di bantaran kali.

“Saya punya sahabat di Kali Code (Yogyakarta). Mereka (sekarang) sudah tinggal jauh dari pinggir sungai, karena diberikan pendidikan berkualitas, akses yang bagus,” pungkasnya.

Sumber Berita : rmoljakarta.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here