(Sumber foto: redaksi eveline)

Hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta 2017 selesai. Pilkada DKI Jakarta dipastikan berlangsung dua putaran. Namun, masyarakat dapat tahu hasil real count Pilkada DKI Jakarta melalui laman Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Website Resmi KPU DKI -> https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t1/dki_jakarta

Real count KPU untuk Pilkada ini dilakukan dengan menggunakan data formulir C1 hasil pemungutan suara di setiap tempat pemungutan suara (TPS). KPU DKI Jakarta mulai memindai formulir C1. Menurut Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, pemindaian dipusatkan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, mulai Rabu (15/2/2017) sore. “Kami lakukan scan C1 yang sertifikat hasil penghitungan suara dan akan ada entri data,” katanya.

Sumarno mengatakan, hasil penghitungan suara melalui Situng diperkirakan selesai dalam waktu dua hari. Meski begitu, hasil real count tersebut bukan merupakan hasil resmi dari KPU DKI. Dijadwalkan, rekapitulasi di tingkat kecamatan dimulai 16-22 Februari 2017. Sedangkan rekapitulasi di tingkat kota akan dilakukan pada 22-25 Februari dan rekapitulasi di tingkat provinsi pada 25-27 Februari 2017.

KPU DKI baru melakukan penetapan hasil pada 4 Maret. Selama waktu itu, KPU DKI juga menunggu apakah ada gugatan terhadap hasil pilkada kita ke Mahkamah Konstitusi.

Sementara itu ketika berita ini diturunkan, beredar kabar server KPU DKI tersebut diretas hacker. Padahal seorang netizen sempat mengunggah hasil real count beberapa waktu sebelumnya, di mana terlihat jelas pasangan Anies-Sandi mengungguli Ahok-Djarot. “Sebelum down pukul 18 50“, tulis netizen bernama Kang Baden.

Demikian juga oleh netizen lain diwaktu yang hampir bersamaan, netizen bernama Heru Abdullah, menyampaikan, “Hasil quick count sementara.. monggo di cek di web resmi nya”.

Selanjutnya, hingga beberapa netizen menyampaikan telah terjadi serangan hacker pada website KPU DKI. seorang netizen bernama Hasan Ali‎, misalnya, menulis, “Server KPU lagi mendapat serangan HACKER, mohon doanya agar penyerang bisa hancur”.

Bahkan netizen lain bernama Alidh Lee Shen‎, menyebut, “Kerja keras ni malem kite bang!!!!”, seakan ingin menunjukkan kondisi server tengah mengalami kerusakan akibat diretas dan perlu kerja keras memulihkannya.

Berikut Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen berkomentar terkait server KPU DKI diretas hacker, hingga angka real count berbalik dimenangkan Ahok. Beberapa netizen langsung merespon dengan mengunggah screenshoot kejadian peretasan tersebut, “Server KPU bentar2 error, ada apakah gerangan? semoga tidak terjadi apa2″. tulis netizen bernama Fachrizalsyah‎, sembari menggunggah hasil gambar yang menunjukkan server mengalami masalah internal.

Menariknya, angka real count memang benar-benar berubah menjadi diungguli pasangan Ahok. “Setelah down server kembali normal namun angka berbalik”, dituliskan netizen bernama Kang Baden, sekira pukul 23.20 WIB.

Hingga seorang netizen lain kembali mengingatkan agar semua pihak tetap waspada akan adanya potensi kecurangan yang bisa terjadi. “Server error ada konspirasi tingkat dewa nihh..Kawal terus…hati2 ada kecurangan…”, seperti dituliskan netizen bernama Zakaria ini.

Sumber: http://eveline.co.id/berita-utama/server-kpu-dki-diretas-hacker-netizen-setelah-normal-angka-real-count-berbalik-dimenangkan-ahok/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here