PORTAL-INDONESIA.CO.ID – Badan sepak bola tertinggi di Eropa (UEFA) menyatakan akan segera menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) dalam perhelatan Liga Champions.

UEFA telah mengumumkan akan menggunakan VAR pada musim 2019/2020 dan dalam waktu dekat akan melakukan pengujian terhadap teknologi rekaman video yang bisa membantu kinerja wasit.

Setelah digunakan pada Piala Dunia 2018, teknologi VAR digunakan di beberapa liga seperti Serie A, Bundesliga, Ligue 1 dan Major League Soccer. Sementara Liga Primer akan menggunakan teknologi VAR bersama dengan Goal Decision System pada musim mendatang.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan ketua Asosiasi Klub Eropa Andrea Agnelli menegaskan penggunaan VAR dapat terwujud dalam waktu sesegera mungkin di Liga Champions.

“Kami telah memulai untuk melakukan persiapan. [Kepala wasit UEFA] Roberto Rosetti dan timnya sangat bagus. Banyak pandangan-pandangan penting, wasit dan segala aspek teknis,” ujar Ceferin dalam konferensi pers di Brussels, Belgia, Selasa (20/11), dilansir sportskeeda.

Wasit Felix Brych berkomunikasi dalam laga Liga Champions.Wasit Felix Brych berkomunikasi dalam laga Liga Champions. (REUTERS/Sergio Perez)

“Saya berharap laporan dalam sepekan ini dan selanjutnya kami akan melihat waktu yang tepat untuk mengimplementasikannya. Selambat-lambatnya adalah musim depan,” sambung Ceferin.

Agnelli kemudian menambahkan, “Selambat-lambatnya musim depan juga berarti ada ruang untuk menerapkannya dalam waktu yang lebih cepat.”

“Kami yang berada di pihak klub merasa senang dengan hal itu dan kami berterima kasih kepada UEFA atas kerja yang mereka lakukan,” sambung sosok yang juga merupakan bos klub Juventus itu.

Saat ini Liga Champions telah melewati matchday keempat fase grup. Sementara laga kelima akan berlangsung pada akhir November mendatang.

Sumber : CNNINDONESIA.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here