PORTAL-INDONESIA.CO.ID – Timnas Indonesia dipastikan tersingkir alias gagal ke semifinal Piala AFF 2018.

Ini merupakan kali keempat skuat Garuda sudah gagal lebih awal di fase grup Piala AFF. Untuk edisi kali ini, Merah Putih bahkan mendapat catatan terburuk lebih dahulu masuk ‘kotak’ meski masih menyisakan satu pertandingan lagi di Grup B.

Indonesia dipastikan tersingir setelah timnas Filipina bermain imbang 1-1 lawan Thailand di Stadion Panaad, Rabu (21/11).

Filipina menyamakan skor 1-1 melalui Jovin Bedic pada menit ke-82 setelah Thailand sempat unggul 1-0 pada menit ke-56 melalui gol Supachai Jaided.

Berikut empat kegagalan Timnas Indonesia di fase Grup Piala AFF:

1. Piala AFF 2007

Merah Putih kali pertama mengalami kegagalan di fase grup pada Piala AFF 2007. Pada edisi di Bangkok tersebut, Merah Putih tergabung di Grup B bersama Singapura, Vietnam, dan Laos.

Menang 3-1 atas Laos, Indonesia hanya bermain imbang lawan Vietnam (1-1), dan Singapura (2-2). Dua lawannya itu pun berhasil mengalahkan Laos. Nahas bagi Garuda tersingkir karena kalah selisih gol sehingga menempati posisi ketika klasemen grup.

2. Piala AFF 2012

Timnas Indonesia kembali mengalami kemalangan pada Piala AFF 2012 setelah di dua edisi sebelumnya berhasil lolos dari fase grup.

Timnas Indonesia gagal ke semifinal setelah pada laga terakhir grup itu kalah 0-2 dari Malaysia. Garuda sebelumnya dikejutkan Laos yang menahan imbang 2-2 pada laga perdana.

Pada laga kedua di Grup B tersebut, Indonesia sempat menang 1-0 atas Singapura. Sama-sama mengumpulkan empat poin dengan Singapura dan Malaysia, Merah Putih kalah selisih gol dari dua lawannya itu.

3. Piala AFF 2014

Timnas Indonesia kembali meneruskan tren negatif mereka pada Piala AFF 2014 gagal lolos ke semifinal. Di laga pembuka, Garuda ditahan Vietnam 2-2.

.

Timnas Indonesia kalahkan Laos 5-1 di Piala AFF 2014. (Timnas Indonesia kalahkan Laos 5-1 di Piala AFF 2014. (Foto: AFP PHOTO/STR)

Di luar dugaan, Indonesia justru dihancurkan Filipina 0-4 pada laga berikutnya. Pada laga terakhir fase grup mereka menang 5-1 atas Laos, namun tersingkir setelah Vietnam kalahkan Filipina 3-1.

The Golden Star jadi juara grup, sedangkan Filipina ke semifinal sebagai runner-up.

4. Piala AFF 2018

Edisi Piala AFF 2018 secara hasil tampaknya menjadi yang terburuk bagi Indonesia. Skuat arahan Bima Sakti dipastikan tersingkir ketika pertandingan masih menyisakan satu laga lagi di Grup B lawan Filipina.

Indonesia gagal ke semifinal setelah Filipina bermain imbang 1-1 lawan Thailand. Perolehan tersebut tak akan mungkin bisa dikejar Timnas Indonesia yang baru mengoleksi tiga poin dengan satu laga tersisa.

Sumber : CNNINDONESIA.COM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here