News, Ragam  

Berlibur ke Pulau Dewata, Berikut Masakan Khas Bali yang Wajib Anda Cicipi!

PORTAL-INDONESIA.co.id
Ayam Betutu
Ayam Betutu (iStockphoto.com)

Masakan khas Bali memang menggoda selera untuk mencicipinya. Pulau Dewata, yang lebih dikenal sebagai Bali, adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Selain pantainya yang memukau dan budayanya yang kaya, Bali juga terkenal dengan masakan khasnya yang lezat dan beragam. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali, mencicipi masakan khas Bali adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Masakan Khas Bali yang Wajib Anda Cicipi

Di bawah ini, kami akan membahas beberapa masakan khas Bali yang wajib Anda cicipi saat berlibur di pulau ini.

1. Ayam Betutu

Ayam Betutu adalah salah satu masakan khas Bali yang paling terkenal. Ayam Betutu adalah ayam utuh yang dimasak dengan rempah-rempah khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang dalam waktu yang lama. Proses memasaknya yang lambat membuat daging ayam menjadi sangat lembut dan berempah. Rasanya yang kaya dan gurih membuat Ayam Betutu menjadi hidangan favorit di restoran-restoran Bali.

2. Babi Guling

Babi Guling adalah hidangan yang tidak boleh dilewatkan saat Anda berlibur di Bali. Hidangan ini terdiri dari daging babi yang utuh, disajikan dengan kulit yang renyah dan daging yang empuk. Babi Guling biasanya dimasak dengan rempah-rempah seperti bawang putih, kunyit, jahe, dan serai sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Hidangan ini sering disajikan sebagai hidangan utama dalam acara-acara istimewa di Bali.

3. Lawar

Lawar adalah hidangan khas Bali yang terbuat dari daging cincang (biasanya ayam atau babi) yang dicampur dengan kelapa parut, rempah-rempah, dan darah babi atau ayam. Meskipun bahan-bahannya terdengar tidak biasa, namun Lawar memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Hidangan ini sering disajikan sebagai pelengkap dalam upacara adat atau acara keagamaan di Bali.

Baca juga
Antisipasi Kerusakan: Strategi Cerdas Merawat Kendaraan Rutin

4. Sate Lilit

Sate Lilit adalah versi Bali dari sate yang terkenal. Bedanya, daging atau ikan yang digunakan untuk Sate Lilit tidak ditusuk ke tusukan bambu, melainkan dibungkus secara merata di sekitar tusukan bambu yang pipih. Daging atau ikan tersebut kemudian dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali seperti kemiri, serai, daun jeruk, dan kecap manis sebelum dipanggang. Sate Lilit memiliki rasa yang unik dan sangat lezat.

5. Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali adalah hidangan nasi yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk khas Bali seperti ayam betutu, babi guling, lawar, sate lilit, dan sambal matah. Hidangan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencicipi berbagai masakan khas Bali dalam satu hidangan. Rasanya yang lezat dan penuh dengan rempah membuat Nasi Campur Bali menjadi pilihan favorit di restoran-restoran Bali.

6. Bebek Betutu

Bebek Betutu adalah versi ayam betutu yang menggunakan bebek sebagai bahan utamanya. Bebek Betutu dimasak dengan rempah-rempah khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang sebelum dipanggang dalam waktu yang lama. Proses memasaknya yang lambat membuat daging bebek menjadi sangat lembut dan berempah. Bebek Betutu biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam acara-acara istimewa di Bali.

7. Pepes Ikan

Pepes Ikan adalah hidangan ikan yang dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang atau dikukus. Ikan yang digunakan biasanya ikan segar seperti ikan kakap atau ikan mujair yang kemudian dibumbui dengan rempah-rempah khas Bali seperti kemiri, kunyit, dan daun jeruk. Pepes Ikan memiliki cita rasa yang segar dan aromatik yang sangat khas.

Penutup

Itulah beberapa masakan khas Bali yang wajib Anda cicipi saat berlibur di Pulau Dewata. Dari Ayam Betutu yang kaya rempah hingga Babi Guling yang renyah, Bali menawarkan berbagai macam hidangan yang memanjakan lidah. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan masakan khas Bali saat Anda mengunjungi pulau ini!

Baca juga
Cara Mengasah Kemampuan Motorik Anak: Fase dan Teknik Stimulasi

(*/Benn)