iPhone 16 Siap Meluncur dengan Layar Lebih Besar, Kamera Super Zoom, dan Chip Bionic Terbaru

PORTAL-INDONESIA.co.id
iPhone 16 Siap Meluncur
iPhone (Foto: by apple.com)

iPhone 16 kabarnya akan dirilis pada pertengahan bulan September ini, dengan berbagai bocoran mengenai desain dan spesifikasi teknis yang mulai muncul. Salah satu aspek yang diperbincangkan adalah ukuran layar dari iPhone 16 dan iPhone 16 Pro, yang dikatakan akan mengalami perubahan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pada beberapa tahun terakhir, model Pro dan reguler iPhone menawarkan berbagai konfigurasi ukuran layar sedang dan besar. Namun, kali ini, Apple diperkirakan akan membuat varian Pro dengan layar lebih besar dari seri biasa. Dilansir dari Gizmodo, ukuran layar iPhone 16 diprediksi akan sama dengan iPhone 15 (6,1 inci), sedangkan iPhone 16 Plus akan memiliki layar 6,7 inci. Sementara itu, iPhone 16 Pro diperkirakan akan memiliki layar sebesar 6,2 inci, dan iPhone 16 Pro Max dengan layar 6,8 inci atau bahkan lebih besar.

Sebuah laporan dari manufaktur luar negeri menyebutkan bahwa teknologi layar iPhone 16 akan menggunakan OLED baru dengan micro-lens array (MLA), yang diharapkan memberikan tingkat kecerahan yang lebih baik dan efisiensi energi yang lebih tinggi.

Selain itu, iPhone 16 kabarnya akan dilengkapi dengan action button yang mirip dengan iPhone 15 Pro, menggantikan tombol mute dan ditempatkan di sisi kiri iPhone. Chip baru yang digunakan adalah A16 Bionic dengan beberapa perbaikan kinerja, sementara iPhone 16 Pro kemungkinan akan menggunakan chip A18 Bionic.

Berita lainnya mengindikasikan bahwa iPhone 16 akan memiliki peningkatan dalam hal suhu, dengan heatsink graphene yang diharapkan dapat mengurangi kehangatan pada sasis iPhone. iPhone 16 Pro juga dikabarkan akan memiliki kemampuan penglihatan jarak jauh yang lebih baik, dengan kemungkinan hadirnya kamera periskop super telephoto untuk membantu menstabilkan gambar saat pengguna berada di luar ruangan.

Baca juga
Melangkah ke Dunia Metaverse: Menggali Perjalanan Virtual ke Masa Depan

Analis terkemuka, Ming-Chi Kuo, juga merilis prediksi terkait AI untuk iPhone 16, termasuk peningkatan rasio signal-to-noise (SNR). Selain itu, iPhone 16 Pro Max disebut-sebut akan menggunakan kamera super telephoto periscope camera, menjadikannya seri iPhone pertama dengan lensa ‘super zoom’. Lensa dengan focal length besar ini diharapkan dapat memberikan kualitas gambar jarak jauh yang lebih baik, serta peningkatan kualitas foto dalam kondisi low light berkat sensor kamera besar yang dapat menangkap lebih banyak cahaya dengan shutter speed dan aperture yang sama.