Sudah tahu cara membuat internal link di website?. Internal link adalah link yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain di dalam website yang sama. Internal link memiliki banyak manfaat, seperti memudahkan navigasi pengunjung, membentuk struktur website, dan meningkatkan otoritas halaman. Namun, tidak semua internal link bisa memberikan manfaat tersebut. Anda perlu membuat internal link yang SEO friendly, yaitu internal link yang sesuai dengan standar mesin pencari dan bisa membantu website Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi.

Cara Membuat Internal Link di Website

Lalu, bagaimana cara membuat internal link yang SEO friendly? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Buat Konten yang Banyak dan Saling Berhubungan

Langkah pertama untuk membuat internal link yang SEO friendly adalah membuat konten yang banyak dan saling berhubungan. Konten yang banyak dan berkualitas akan memberikan Anda lebih banyak peluang untuk membuat internal link di website yang relevan dan bermanfaat.

Selain itu, konten yang saling berhubungan akan membuat website Anda memiliki topik yang konsisten dan fokus. Hal ini akan membuat website Anda lebih mudah dipahami oleh mesin pencari dan pengunjung.

Contohnya, jika website Anda membahas tentang digital marketing, Anda bisa membuat konten-konten yang terkait dengan topik tersebut, seperti SEO, SEM, email marketing, social media marketing, dan lain-lain. Kemudian, Anda bisa membuat internal link antara konten-konten tersebut untuk membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan.

2. Gunakan Anchor Text yang Deskriptif

Anchor text adalah teks yang ditampilkan sebagai link. Anchor text yang deskriptif adalah anchor text yang menggambarkan dengan jelas halaman tujuan link tersebut. Anchor text yang deskriptif akan membantu mesin pencari dan pengunjung memahami konteks dan relevansi link tersebut.

Contohnya, jika Anda ingin membuat internal link ke halaman yang membahas tentang cara membuat email marketing, Anda bisa menggunakan anchor text seperti “cara membuat email marketing”, “panduan email marketing”, atau “tips email marketing”. Hindari menggunakan anchor text yang terlalu umum atau tidak berkaitan, seperti “klik di sini”, “baca selengkapnya”, atau “halaman ini”.

3. Link ke Halaman yang Relevan

Langkah ketiga untuk membuat internal link yang SEO friendly adalah link ke halaman yang relevan. Halaman yang relevan adalah halaman yang memiliki topik, kata kunci, atau konten yang sesuai dengan halaman sumber link tersebut. Halaman yang relevan akan memberikan nilai tambah bagi pengunjung dan meningkatkan kredibilitas website Anda.

Baca juga
Panduan Praktis Migrasi Hosting dengan Sukses dan Langkah-langkah Penting

Contohnya, jika Anda membuat konten tentang cara membuat website, Anda bisa membuat internal link ke halaman yang membahas tentang cara memilih domain, hosting, platform, atau desain website. Hindari membuat internal link ke halaman yang tidak ada kaitannya dengan konten Anda, seperti halaman tentang kesehatan, hobi, atau politik.

4. Buat Struktur Hierarki yang Jelas

Langkah keempat untuk membuat internal link yang SEO friendly adalah membuat struktur hierarki yang jelas. Struktur hierarki adalah susunan halaman-halaman di website Anda yang menunjukkan tingkat kepentingan dan hubungan antara halaman-halaman tersebut. Struktur hierarki yang jelas akan memudahkan mesin pencari dan pengunjung untuk mengindeks dan menavigasi website Anda.

Contohnya, Anda bisa membuat struktur hierarki seperti ini:

  • Home
    • Tentang Kami
    • Layanan
      • SEO
      • SEM
      • Email Marketing
      • Social Media Marketing
    • Blog
      • Artikel SEO
      • Artikel SEM
      • Artikel Email Marketing
      • Artikel Social Media Marketing
    • Kontak

Kemudian, Anda bisa membuat internal link antara halaman-halaman yang ada di struktur hierarki tersebut. Misalnya, Anda bisa membuat internal link dari halaman home ke halaman layanan, dari halaman layanan ke halaman blog, atau dari halaman blog ke halaman kontak.

5. Gunakan Link Dofollow

Langkah kelima untuk membuat internal link yang SEO friendly adalah menggunakan link dofollow. Link dofollow adalah link yang memberitahu mesin pencari untuk mengikuti dan menghitung link tersebut sebagai bagian dari faktor peringkat website Anda. Link dofollow akan membantu Anda mendistribusikan otoritas halaman dan meningkatkan popularitas website Anda.

Contohnya, jika Anda memiliki halaman yang memiliki otoritas tinggi, seperti halaman home atau halaman yang mendapatkan banyak backlink, Anda bisa membuat internal link dofollow dari halaman tersebut ke halaman lain yang ingin Anda tingkatkan otoritasnya.

Untuk membuat link dofollow, Anda tidak perlu menambahkan atribut apapun pada tag <a> link tersebut. Secara default, semua link adalah dofollow, kecuali Anda menambahkan atribut rel="nofollow" pada tag <a> link tersebut.

6. Link ke Halaman Penting di Website Anda

Langkah keenam untuk membuat internal link yang SEO friendly adalah link ke halaman penting di website Anda. Halaman penting adalah halaman yang memiliki tujuan atau nilai bisnis yang tinggi bagi website Anda, seperti halaman produk, layanan, testimoni, atau landing page. Halaman penting juga bisa berupa halaman yang memiliki konten yang berkualitas dan mendalam, seperti halaman panduan, studi kasus, atau infografis.

Baca juga
Panduan Lengkap! Cara Melindungi Komputer dari Serangan Virus

Link ke halaman penting akan membantu Anda meningkatkan konversi, trafik, dan keterlibatan pengunjung di website Anda. Halaman penting juga akan mendapatkan lebih banyak otoritas dan peringkat dari mesin pencari jika Anda membuat internal link dari halaman lain yang relevan dan populer.

Contohnya, jika Anda memiliki halaman produk yang menjual jasa SEO, Anda bisa membuat internal link dari halaman blog yang membahas tentang manfaat, tips, atau cara SEO. Anda juga bisa membuat internal link dari halaman testimoni yang menampilkan kesaksian pelanggan yang puas dengan jasa SEO Anda.

7. Pasang Internal Link Secukupnya

Langkah ketujuh dan terakhir untuk membuat internal link yang SEO friendly adalah pasang internal link secukupnya. Pasang internal link secukupnya adalah memasang internal link sesuai dengan kebutuhan dan relevansi konten Anda, tanpa berlebihan atau kurang. Pasang internal link secukupnya akan membuat website Anda terlihat alami dan profesional, serta tidak mengganggu pengalaman pengunjung.

Tidak ada aturan pasti tentang berapa banyak internal link yang harus Anda pasang di setiap halaman. Namun, Anda bisa menggunakan beberapa pedoman berikut:

  • Pastikan setiap halaman memiliki setidaknya satu internal link, baik yang keluar maupun yang masuk.
  • Pastikan setiap internal link memberikan nilai tambah bagi pengunjung, bukan hanya untuk mengisi ruang kosong atau memaksakan kata kunci.
  • Pastikan setiap internal link tidak mengalihkan perhatian pengunjung dari tujuan utama halaman, seperti membeli produk, mengisi formulir, atau menghubungi Anda.
  • Pastikan setiap internal link tidak mengganggu keseimbangan antara konten teks dan konten visual di halaman Anda.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara membuat internal link di website dengan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan performa website Anda dengan internal link yang SEO friendly.

(*/Tomy)

Iklan